Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas 5 di SDN Sukorejo 3. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis yang berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah soal 15 butir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SDN Sukorejo 3 yang berjumlah 9 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model NHT pada siswa kelas 5 SDN Sukorejo 3 dengan materi Sistem Peredaran Darah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar setelah siklus 2 mencapai 21. Rata-rata hasil belajar pra tindakan adalah 39, sedangkan rata-rata hasil belajar setelah siklus 1 adalah 43 dan setelah siklus 2 adalah 70. Peningkatan tersebut terjadi karena Siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran NHT. Siswa juga sudah terbiasa dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hasil tersebut sudah memenuhi kriteria ketetapan ketuntasan belajar yaitu minimal 65. Jadi, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Sukorejo 3.
Copyrights © 2022