Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 02 Manisrejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yaitu posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN 02 Manisrejo dengan jumlah total yaitu 38 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil analisis data menggunakan metode liliefors di kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,154 < Ltabel = 0,195 dan kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,182 < Ltabel = 0,195. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,05 < Ftabel = 2,22. Pada uji hipotesis digunakan uji t, dengan hasil thitung = 19,158 > ttabel = 2,02809 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya Model pembelajaran Example Non Example efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V SD.
Copyrights © 2020