Penelitian ini didasari latar belakang masalah yaitu guru masih menggunakan metod klasikal dalam pembelajaran dan tidak menggunakan model dan media pembelajaran yang mendukung motivasi belajar siswa, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencaan, pelaksanaan, dan hambatan atau kendala dari penerapan model pembelajaran teams games tournament disertai media permainan jenga pada pembelajaran matematika kelas V SDN Patihan. Penelitian dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 di SDN jumlah keseluruhan terdapat 10 orang. Penelitian dilakukan dengan tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan pada saat penerapan model pembelajaran yang kegiatannya berisi penyajian kelas, pembentukan kelompok (team), turnamen dan penghargaan kelompok. Wawancara dilakukan pada saat melakukan perencanaan, hasil penerapan dan mengenai hambatan/kesulitan pada saat penerapan model tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan format, bahasa, dan isi RPP. Pelaksanaan dari model pembelajaran teams games tournament dan penggunaan media jenga berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintaks model pembelajaran. Dan hambatan/kesulitan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah durasi waktu yang digunakan dalam penerapan model dan media tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang ditetapkan.
Copyrights © 2020