Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial ditinjau dari self confidence pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kebonsari Kelas VII. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari 24 siswa kelas VIIA yang masing-masing memiliki kategori self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) Siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang ditunjukkan dengan mampu menuliskan dan menyebutkan informasi pada soal (komunikasi), menggunakan simbol matematika, membuat bentuk matematika, penyajian ulang, penggunaan strategi penyelesaian matematika, dan penarikan kesimpulan. 2) siswa dengan tingkat self confidence sedang belum memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang ditunjukkan dengan tidak menyajikan ulang masalah dalam pemisalan, tetapi mampu membuat bentuk matematika dari masalah awal, mampu menuliskan dan menyebutkan informasi pada soal (komunikasi), menggunakan simbol, merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah, serta menuliskan kesimpulan. 3) Siswa dengan tingkat self confidence rendah belum memenuhi semua indikator literasi matematis yang ditunjukkan dengan tidak menggunakan simbol matematika, tidak membuat model matematika, tidak melakukan penyajian ulang masalah, belum menyusun dan menerapkan strategi penyelesaian masalah dengan tepat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022