Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan media kartu kata dalam keterampilan membaca, peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media kartu kata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran yang merupakan gabungan dari pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 1 SD Negeri 102081 Mangga Dua Kecamatan Bandar Khalifah. Tahun pembelajaran 2021/2022. Tehnik dan Alat Pengumpulan Data adalah Lembar Observasi Kegiatan Guru, Lembar Observasi Siswa, dan Tes. Indikator Kinerja Penelitian meliputi keberhasilan kualitas proses pembelajaran minimal “baik” dan keberhasilan hasil belajar secara klasikal minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan. Berdasarkan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata keterampilan membaca siswa sebesar 55% dengan kategori rendah, pada siklus I nilai keterampilan membaca siswa naik menjadi 55% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81% dengan kategori baik sudah memenuhi KKM. Dengan demikian bahwa dengan pembelajaran membaca permulaan dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 102081 Mangga Dua Bandar Khalifah.
Copyrights © 2022