Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbantuan media flipbook terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 03 Madiun Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 siswa kelas IV SDN 03 Madiun Lor. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil belajar diuji dengan menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Flipbook terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa dengan hasil Sig(2.tailed) 0,000. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Flipbook terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 03 Madiun Lor.
Copyrights © 2022