Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Pengembangan instrumen penilaiaan sikap santun dalam pembelajaran siswa sekolah dasar

Lina Isnaini (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Pardimin Pardimin (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Ari Setiawan (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Proses penilaian  pada  pembelajaran di Sekolah  Dasar dibagi menjadi tiga aspek yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Pada umumnya pendidik lebih banyak melakukan penilaian pada ranah kognitif dan psikomorik. Hal ini dikarenakan dalam melakukan penilaian kogitif dan psikomotorik dirasa lebih mudah. Dalam penilaian aspek kognitif ini yang diukur adalah  pengetahuan, praktek , analisi, evaluasi, dan sintesis. Sedangkan penilaian aspek psikomorik, aspek ini berkaitan dengan keterampilan individu dalam suatu hal tertentu. Pada aspek afektif ini jarang dilakukan oleh pendidik karena instrumen  yang digunakan masih terbatas dan pendidik belum mampu untuk mengembangkan instrumen yang sudah ada. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar penilaian pada aspek afektif bisa digunakan dengan mudah oleh pendidik adalah dengan mengembangakan instrument penilaian pada ranah afektif tersebut. Pada penelitain ini peneliti menitik beratkan pada penembanngan instrument sikap santun dalam pembelajaran siswa Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...