Proses penilaian pada pembelajaran di Sekolah Dasar dibagi menjadi tiga aspek yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Pada umumnya pendidik lebih banyak melakukan penilaian pada ranah kognitif dan psikomorik. Hal ini dikarenakan dalam melakukan penilaian kogitif dan psikomotorik dirasa lebih mudah. Dalam penilaian aspek kognitif ini yang diukur adalah pengetahuan, praktek , analisi, evaluasi, dan sintesis. Sedangkan penilaian aspek psikomorik, aspek ini berkaitan dengan keterampilan individu dalam suatu hal tertentu. Pada aspek afektif ini jarang dilakukan oleh pendidik karena instrumen yang digunakan masih terbatas dan pendidik belum mampu untuk mengembangkan instrumen yang sudah ada. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar penilaian pada aspek afektif bisa digunakan dengan mudah oleh pendidik adalah dengan mengembangakan instrument penilaian pada ranah afektif tersebut. Pada penelitain ini peneliti menitik beratkan pada penembanngan instrument sikap santun dalam pembelajaran siswa Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023