Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan keterampilan membaca pemahaman masih tergolong rendah, khususnya pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satu upaya atau cara yang dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD). Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen yaitu posttest only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD).
Copyrights © 2022