Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Pengaruh Model Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar (SD)

Isnatul Ayu Pamungkas (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)
Cerianing Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan keterampilan membaca pemahaman masih tergolong rendah, khususnya pada  tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satu upaya atau cara yang dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD). Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian eksperimen yaitu posttest only control group desaign. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PQ4R berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar (SD).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...