Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode picture and picture terhadap siswa kelas IV SD Negeri 2 GregesĀ Jl. Greges, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sampel dari penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Greges yang berjumlah 16 siswa. Teknik sampling menggunakan total sampling. Berdasarkan hasil analisis data pengukuran hasil pengukuran motivasi belajar yang menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata data awal yaitu 63,2 dengan hasil siklus 1 75,3 dengan kategori sedang menjadi 91,2 hasil rata-rata 2 dengan kategori sangat baik untuk pengukuran akhir. Peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa di tes siklus 2 yaitu menunjukkan adanya peningkatan yang sangat cukup baik mengenai proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2022