Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Scratch: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar

Mila Aska Aulia (Universitas PGRI Madiun)
Bambang Eko Hari Cahyono (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 01 Nambangan Lor yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Post-test siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 79,52, sedangkan hasil Post-test siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 85,2. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji Independent Sample Test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar yaitu 0,008 < 0,05. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...