Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 01 Nambangan Lor yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Post-test siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 79,52, sedangkan hasil Post-test siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 85,2. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji Independent Sample Test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar yaitu 0,008 < 0,05. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun.
Copyrights © 2024