Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Dengan populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 52 siswa dari kelas IVA dan IVB yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan pengujian posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 84,23 sedangkan rata – rata nilai kelas kontrol adalah 51,31. Pada uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov >0,05 hasil dari kelas eksperimen 0,084 sedangkan kelas kontrol 0,055 maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi 0,310 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022