Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran ICRC dengan melihat bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran untuk mengetahui Kemampuan membaca pemahaman. Dalam penelitian ini pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada materi tema 7 sub tema 1 guru menggunakan model CiRC yaitu salah satu model pembelajaran kooperatif terpadu antara membaca dan menulis. Pada kemampuan membaca pemahaman ini dilihat bagaimana siswa mampu menyerap informasi dan memahami isi teks atau bacaan. Siswa kelas V SDN 1 Serangan rata-rata senang membaca meski tidak semua. Beberapa siswa kurang senang membaca faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri .Faktor yang berasal dari dalam diri individu yang merasa sulit karena motivasi dan minat baca yang rendah. Pembelajaran dilakukan oleh guru dengan membentuk siswa menjadi kelompok untuk diskusi terkait memahami isi bacaan lalu mempresentasikannya. siswa untuk memahami bacaan tidak hanya dengan satu kali baca tapi perlu beberapa kali mengulang karena ada beberapa kata asing dan bahasa yang sulit dimengerti.
Copyrights © 2022