Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2

Diah Pramesthi Kusumawardani (Universitas PGRI Madiun)
Rosita Ambarwati (Universitas PGRI Madiun)
Vivi Rulviana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II.  Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bader 02 dan SDN Bader 03 kecamatan Dolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design yang menggunakan desain pre-test post-test control design. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 siswa.  Instrumen penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika kelas II. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya perbedaan dalam hasil pembelajaran matematika siswa kelas II sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media pembelajaran dan sesudah menggunakan, dengan rerata nilai meningkat dari 63,42 menjadi 87,13. Uji hipotesis menunjukkan nilai p-value < 0,05 yaitu 0,02 < 0,05. Dengan demikian, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...