Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bader 02 dan SDN Bader 03 kecamatan Dolopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design yang menggunakan desain pre-test post-test control design. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika kelas II. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya perbedaan dalam hasil pembelajaran matematika siswa kelas II sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media pembelajaran dan sesudah menggunakan, dengan rerata nilai meningkat dari 63,42 menjadi 87,13. Uji hipotesis menunjukkan nilai p-value < 0,05 yaitu 0,02 < 0,05. Dengan demikian, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbantuan media pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II.
Copyrights © 2024