Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Keefektifan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hudi Rizkianto (Universitas PGRI Madiun)
Heny Kusuma Widyaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Keefektifan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 03 Madiun Lor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 dari bulan April sampai bulan Juni tahun 2023. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan jenis metode Quay Eksperimental dengan jenis penelitian Posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Quasy Eksperimental Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes (posttest). Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran dengan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukan rerata 73,83 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas Eksperimen memiliki rerata 82,33 setelah menggunakan media Pop-Up Book. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...