Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-comic berbasis proyek penguatan nilai profil pelajar pancasila siswa kelas IV sekolah dasar, serta menguji kelayakan dan tingkat kepraktisan media e-comic berbasis proyek nilai-nilai yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar tercermin dalam profil pelajar Pancasila kelas IV. Model ADDIE (analize, design, development, implementation, and evaluation) digunakan dalam proses penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV sekolah dasar di kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media yang dikembangkan berupa media e-comic berbasis proyek tentang peningkatan nilai profil pelajar pancasila untuk siswa kelas IV dengan menggunakan model ADDIE, 2) Media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase 96% berdasarkan penilaian validator, 3) media e-comic yang dikembangkan untuk siswa mendapatkan respon positif dan memenuhi kriteria sangat baik dengan presentase 90%, dan hasil respon guru mendapatkan respon baik serta memenuhi kriteria sangat valid sebesar 94% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023