Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan metode drill. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 091465 Parapat. Dapat dilihat berdasarkan hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu, klasikal, dan nilai rata-rata siswa yaitu pada pre test siswa secara individual yaitu 5 siswa yang tuntas, secara klasikal 19% dengan nilai rata-rata 54,30. Pada siklus I secara individual 12 siswa yang tuntas, dengan klasikal 46% dengan nilai rata-rata 66,61. Pada siklus II secara individu 21 siswa yang tuntas, dengan klasikal 81% dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 80,19. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Selanjutnya dari hasil observasi guru dan siswa yaitu pada hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebanyak 54% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 88% kategori sangat berkualitas. Sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 56% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 86% kategori baik.
Copyrights © 2022