Keterampilan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan untuk mempermudah siswa memahami konsep-konsep matematika yang abstrak. Salah satu alat peraga yang dapat memudahkan siswa mempelajari matematika yaitu Puzzle Pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain (Quasi Exsperimental Design). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan alat peraga Puzzle Pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo. Sedangkan Sampel yang digunakan yaitu kelas V yang terdiri 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi silabus, RPP, dan soal pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran dengan alat peraga Puzzle Pecahan terdapat pengaruh penggunaan alat peraga Puzzle Pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT As-Syafi’iyah Kecamatan Jambon Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung (3,906) > ttabel (1,684) berarti pada penelitian ini Hoditolak dan Hiditerima.
Copyrights © 2022