Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran, hasil penerapan model pembelajaran, dan pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B semester II berjumlah 30 orang. Teknik dan alat pengumpulan data adalah Observasi, Tes, Dokumentasi, dan Angket. Teknik pengolahan analisis data dengan menggunakan uji koefisien korelasi dan Uji Hipotesis. Hasil nilai rata-rata Pretest 56,8 berada dengan kategori kurang. Nilai rata-rata Posttest 80,26 berada dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata angket siswa yaitu sebesar 54,3. Nilai angket siswa terendah sebesar 47 dan nilai angket siswa tertinggi sebesar 58. Dengan persentase tertinggi sebesar 33% dan persentase terendah sebesar 7%. Dari hasil uji korelasi sebesar 0,400 artinya rhitung> rtabel yaitu 0,400 > 0,361 dengan thitung > ttabel dimana 2,309 > 1,697. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata materi luas bangun datar di SDN 065011 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022