Penelitian ini penulis mengambil tema dan tujuan untuk analisis efektivitas dari penerpan e-modul interaktif dan digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di SDN 01 Nambangan Lor Madiun. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada satu kelas yang menjadi kelompok eksperimen, yaitu sebelum intervensi dilakukan, dilakukan pre test untuk mengukur tingkat pemahaman siswa permulaan dan mengetahui keadaan awal sebelum perlakuan diberikan media e-modul interaktif dan setelahnya melalui post-test. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Paired Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan media pembelajaran e-modul melalui aplikasi canva pada Siswa kelas 4 SDN 01 Nambangan Lor Madiun dapat efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa untuk mata pelajaran IPAS materi fotosintesis. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa terdapat efek signifikan dan positif dari penerapan media pembelajaran e-modul interkatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024