Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) elektronik terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Nambangan Kidul yang berjumlah 28 yang terdapat di kelas IV A dan IV B. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 14 siswa di setiap kelasnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 30 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan tes pre-test dan post-test sebagai pengumpulan data responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka terbukti pada perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai tes eksperimen sebesar 89,00 dan kelas kontol sebesar 82,29. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan syarat hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sig. 0,011 < 0,05 dengan hasil hipotesis s Ha diterima danĀ H0 ditolak. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) elektronik terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 01 Nambangan Kidul.
Copyrights © 2024