Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan subjek siswa kelas IV SD Negeri Jurangombo 4 Kota Magelang dengan populasi 11 siswa dimana sampel diambil dari seluruh siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan siklus yang berupa perencanaan, pelaksanaan, dan observasi yang diakhiri dengan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar tes dan lembar observasi, mata pelajaran yang digunakan yaitu Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi nilai nilai Pancasila. Dengan hasil bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sesuai dengan survei rata-rata siswa pada saat pra siklus yaitu 71. Kemudian pada siklus I yaitu 75,9 dan siklus II terjadi peningkatan menjadi 85. Dengan peningkatan presentase ketuntasan mulai dari pra siklus yaitu 54,5%, selanjutnya naik kembali pada siklus I menjadi 63,6% dan naik kembali pada siklus II yaitu 83%.
Copyrights © 2022