Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Umi Lativatul Aisiyah (Universitas PGRI Madiun)
Tri Wahyuni Chasanatun, (Universitas PGRI Madiun)
Mochamad Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukanuntukmengetahui apakah model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Pada penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen ataueksperimensemu.Metodeinimerupakanpengembangandaritrueexperimentalyangsulitdilaksanakan. Dalam metode quasy experimentaal ini memiliki kelompok kontrol, sehingga tidakdapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmempengaruhipelaksanaan eksperimen.Metode ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan dalam menentukankelompok kontrol dalam penelitian.Sedangkan bentuk desain yang dipilih pada penelitian iniadalah Posttest-Only Control Design. Kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V B SDN Manisrejo 1 memilikirata-ratanilaiyanglebihbaikbiladibandingkandengankelaskontrolyangdiajartanpamenggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...