Penelitian ini dilakukanuntukmengetahui apakah model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Pada penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen ataueksperimensemu.Metodeinimerupakanpengembangandaritrueexperimentalyangsulitdilaksanakan. Dalam metode quasy experimentaal ini memiliki kelompok kontrol, sehingga tidakdapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmempengaruhipelaksanaan eksperimen.Metode ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan dalam menentukankelompok kontrol dalam penelitian.Sedangkan bentuk desain yang dipilih pada penelitian iniadalah Posttest-Only Control Design. Kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V B SDN Manisrejo 1 memilikirata-ratanilaiyanglebihbaikbiladibandingkandengankelaskontrolyangdiajartanpamenggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022