Menurut penelitian yang dilakukan pada kurikulum kelas tiga di SDN Sumberdodol 1, pembelajaran pasif siswa adalah hasil dari ketergantungan guru pada teknik ceramah dan jurnal daripada terlibat dalam kegiatan pembelajaran aktif yang mendorong pengembangan literasi (yaitu membaca, bahasa, dan matematika). Peneliti sedang mempertimbangkan untuk memasukkan materi video animasi ke dalam proses pembelajaran berbasis PBL. Penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis kurikulum K–13 merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Tiga belas siswa kelas tiga SDN Sumberdodol 01 menjadi peserta penelitian. Ada dua putaran untuk penelitian ini. Merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan adalah empat langkah yang terlibat. Pada akhir siklus, hasil tes evaluasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar klasikal pertama mempunyai persentase 23,1% dan rata-rata 68,3%, oleh karena itu kegiatan siklus 1 dilaksanakan. Operasi siklus pertama meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pembekalan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 61.5% artinya 8 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 69.5%. Artinya peningkatan kemampuan siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan. dan mengalami peningkatan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 76.9%, artinya persentase ketuntasan siswa mencapai 76.9 persen.
Copyrights © 2024