Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penggunaan Model PBL Berbantuan Video Animasi untuk Keterampilan Literasi Siswa Kelas III SDN Sumberdodol 1

Dyo Ilham Alif Utomo (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
M. Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Menurut penelitian yang dilakukan pada kurikulum kelas tiga di SDN Sumberdodol 1, pembelajaran pasif siswa adalah hasil dari ketergantungan guru pada teknik ceramah dan jurnal daripada terlibat dalam kegiatan pembelajaran aktif yang mendorong pengembangan literasi (yaitu membaca, bahasa, dan matematika). Peneliti sedang mempertimbangkan untuk memasukkan materi video animasi ke dalam proses pembelajaran berbasis PBL. Penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis kurikulum K–13 merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Tiga belas siswa kelas tiga SDN Sumberdodol 01 menjadi peserta penelitian. Ada dua putaran untuk penelitian ini. Merencanakan, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan adalah empat langkah yang terlibat. Pada akhir siklus, hasil tes evaluasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar klasikal pertama mempunyai persentase 23,1% dan rata-rata 68,3%, oleh karena itu kegiatan siklus 1 dilaksanakan. Operasi siklus pertama meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pembekalan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 61.5% artinya 8 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 69.5%. Artinya peningkatan kemampuan siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan. dan mengalami peningkatan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 76.9%, artinya persentase ketuntasan siswa mencapai 76.9 persen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...