Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika jika ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Dalam penelitian ini, dipilih 4 siswa kelas VI SDN 02 Josenan Kota Madiun dengan masing-masing mewakili tipe kepribadian idealist, guardian, artisan, rational yang akan digunakan sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes tertulis, dan wawancara. Angket penggolongan tipe kepribadian dan wawancara digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian masing-masing siswa dan pemilihan subjek. Tes tertulis kemampuan berpikir kreatif dan wawancara digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif berdasarkan aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration dari masing-masing tipe kepribadian. Berdasarkan hal tersebut, perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh keempat tipe kepribadian keirsey yaitu tipe kepribadian idealist hanya memenuhi aspek keaslian (originality), tipe kepribadian artisan memenuhi pada aspek memerinci (elaboration), dan tipe kepribadian guardian dan rational memenuhi pada aspek yang sama yaitu kelancaran (fluency) dan memerinci (elaboration), sedangkan pada aspek keluwesan (flexibility) belum mampu dipenuhi oleh keempat tipe kepribadian.
Copyrights © 2024