Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Media Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Didik Sekolah Dasar

Ulfatur Rohmah (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Siti Faizah Widyaningsih (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Wanda Artikasari (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Kun Hisnan Hajron (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD menggunakan media mind map. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sukjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cokro Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan, 4) tahap refleksi.Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui observasi dan hasil penilaian evaluasi lembar kerja siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebanyak 80% atau 8 orang siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 20% atau 2 orang siswa yang tidak tuntas akan tetapi memiliki nilai yang hampir mendekati nilai KKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...