Membaca pemahaman pada teks nonfiksi penting bagi siswa karena mereka dapat memahami fakta logis secara keseluruhan, menentukan gagasan utama bacaan teks nonfiksi, untuk memahami isi dan maksud dari teks, Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun setelah penerapan metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R); (2) mengetahui apakah ada pengaruh metode survey, questions, read, recite, and review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun dengan jumlah 185 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dan di dapat sampel berjumlah 74 siswa yakni kelompok eksperimen maupun kontrol masing-masing berjumlah 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. 0,046 yang berarti nilai sig. < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun.
Copyrights © 2023