Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas 4 di SDN Junrejo 01

Selvy Yulia Paradila (Universitas Muhammadiyah Malang)
Nurwidodo Nurwidodo (Universitas Muhammadiyah Malang)
Eka Susy Lestari (SDN Junrejo 01)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA SDN Junrejo 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar IPA materi dan perubahannya akibat penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung pada tanggal 2 Juni 2023, dan Siklus II berlangsung pada tanggal 6 Juni 2023. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SDN Junrejo 01 Kota Malang dengan jumlah siswa 28 orang (16 laki-laki dan 12 perempuan). Hasil temuan menunjukkan bahwa metodologi PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA di SDN Junrejo 01 Kota Malang. Hasil tes pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi dan transformasinya. Pada kondisi awal (pra siklus), rata-rata nilai siswa untuk soal adalah 60, dengan ketuntasan klasikal sebesar 35% (10 siswa) dari 28 siswa yang mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus I 75, dengan ketuntasan klasikal 53% (15 siswa) mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus II 85, dengan ketuntasan klasikal 82% (23 siswa) mencapai nilai 75 (KKM).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...