Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA SDN Junrejo 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar IPA materi dan perubahannya akibat penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi proses perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung pada tanggal 2 Juni 2023, dan Siklus II berlangsung pada tanggal 6 Juni 2023. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SDN Junrejo 01 Kota Malang dengan jumlah siswa 28 orang (16 laki-laki dan 12 perempuan). Hasil temuan menunjukkan bahwa metodologi PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi dan perubahannya pada siswa kelas IVA di SDN Junrejo 01 Kota Malang. Hasil tes pada Siklus I dan Siklus II menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi dan transformasinya. Pada kondisi awal (pra siklus), rata-rata nilai siswa untuk soal adalah 60, dengan ketuntasan klasikal sebesar 35% (10 siswa) dari 28 siswa yang mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus I 75, dengan ketuntasan klasikal 53% (15 siswa) mendapat nilai 75 (nilai KKM). Siklus II 85, dengan ketuntasan klasikal 82% (23 siswa) mencapai nilai 75 (KKM).
Copyrights © 2023