Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hasil AKM terutama pada kemampuan numerasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima dengan jumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua kali test yakni pre test dan post test. Dimana dalam setiap pelaksanaan pre test dan post test terdapat 40 butir soal pilihan ganda yang dikerjakan selama 90 menit. Soal tersebut didapatkan dari program Kampus Mengajar 3. Hasil dari analisis AKM kelas Numerasi menunjukan adanya peningkatan pada hasil post test. Pada hasil pre test rata-rata skor siswa yakni 41,8%. Setelah dilakukan post test, rata-rata skor post test yakni 55,1%. Penjabaran skor tersebut didapatkan dari 18 indikator. Skor peningkatan paling tinggi dari pre test ke post test yakni pada indikator nomor 11,12 dan 16. Skor sama terdapat pada indikator nomor 9. Terdapat penurunan skor pada indikator nomor 5,8 dan 17. Dari kedua tes yang dianalisis didapatkan dalam kategori sedang karena berada pada interval nilai 40-70 yaitu sebesar 48,45%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam AKM Numerasi di SD Negeri 1 Purwosari tergolong sedang. Dengan demikian perlu adanya perbaikan dalam peningkatan kemampuan siswa yang didukung dari lembaga pendidikan itu sendiri.
Copyrights © 2022