Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Analisis critical thinking siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan pecahan

Putri Mei Andriani (Universitas PGRI Madiun)
Fida Rahmantika Hadi (Unknown)
Lingga Nico Pradana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN Klumutan 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Dalam melakukan penelitian metode yang digunakan yaitu kualitatif dimana peneliti ingin menganalisis dengan cara meggunakan Studi Kasus dan mengkaji fenomena-fenoma tentang Kemampuan Berpikir Kritis yang pernah tejadi serta bagaimana perkembangan terhadap siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan diperkuat dengan wawancara, nantinya dilakukan dengan cara meminta siswa memahami soal cerita pecahan pada kelas IV. Hasil dari penelitian S1 dan S2 berbeda–beda , pada S1 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan tidak berulang. Karena Berpikir kritis tidak memunculkan semua aspek dan alur yang berulang. Dan sedangkan pada S2 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan berulang karena dalam indikator tidak memunculkan semua aspek dan alur berulang atau mengulangi kembali aspek dalam indikator berpikir kritis yang sama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...