Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN Klumutan 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Dalam melakukan penelitian metode yang digunakan yaitu kualitatif dimana peneliti ingin menganalisis dengan cara meggunakan Studi Kasus dan mengkaji fenomena-fenoma tentang Kemampuan Berpikir Kritis yang pernah tejadi serta bagaimana perkembangan terhadap siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan diperkuat dengan wawancara, nantinya dilakukan dengan cara meminta siswa memahami soal cerita pecahan pada kelas IV. Hasil dari penelitian S1 dan S2 berbeda–beda , pada S1 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan tidak berulang. Karena Berpikir kritis tidak memunculkan semua aspek dan alur yang berulang. Dan sedangkan pada S2 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan berulang karena dalam indikator tidak memunculkan semua aspek dan alur berulang atau mengulangi kembali aspek dalam indikator berpikir kritis yang sama.
Copyrights © 2023