Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media augmented reality pada mata pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 2 Kota Madiun. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode yang dipakai adalah Quasi Experiment Design. Pola eksperimen yang dipakai yaitu menggunakan rancangan penenlitian kelompok rancangan penelitian kelompok Pretes dan Postes. Adapun rancangan yang dipakai berupa Nonequivalent Control Group Design dengan terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kota Madiun kelas IIIC sebagai kelas eksperimen dan IIID sebagai kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan pada semestar genap tahun ajaran 2022/2023. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh Thitung = 3,734 dan Ttabel = 2,042 yang berarti Thitung > Ttabel maka H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas III MIN 2 Kota Madiun.
Copyrights © 2023