Kunci keberhasilan seorang pendidik dalam proses kegiatan pembelajaran ialah kemampuan membaca. Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan siswa melalui aktivitas membaca. Ilmu yang diperoleh siswa tidak hanya didapat dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi juga melalui kegiatan membaca yang dialami siswa dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, kemampuan membaca menjadi prasyarat penting bagi penguasaan dan peningkatan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas literasi buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa di SDN 3 Sambongrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan pretest dan posttest digunakan untuk menjabarkan populasi dalam penelitian ini subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas III DDN 3 Sambongrejo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka disimpulkah bahwa terdapat pengaruh kegiatan literasi membaca berbantuan buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SDN 3 Sambongrejo
Copyrights © 2024