Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Efektivitas Literasi Buku Cerita Bergambar Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Membaca Siswa

Luluk Listyawati (Universitas PGRI Madiun)
Dian Nur Antika Eky Hastuti (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Kunci keberhasilan seorang pendidik dalam proses kegiatan pembelajaran ialah kemampuan membaca.  Sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan siswa melalui aktivitas membaca. Ilmu yang diperoleh siswa tidak hanya didapat dari proses belajar mengajar di sekolah, tetapi juga melalui kegiatan membaca yang dialami siswa dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, kemampuan membaca menjadi prasyarat penting bagi penguasaan dan peningkatan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas literasi buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa di SDN 3 Sambongrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan pretest dan posttest digunakan untuk menjabarkan populasi dalam penelitian ini subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas III DDN 3 Sambongrejo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan,  maka disimpulkah bahwa terdapat pengaruh kegiatan literasi membaca berbantuan buku cerita bergambar berbasis budaya lokal terhadap kemampuan membaca siswa kelas III di SDN 3 Sambongrejo

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...