Sebuah inovasi untuk memperbaiki sebuah metode dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemauan serta keinginan siswa terhadap sebuah pembelajaran tersebut. Dengan metode Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) diharapkan mampu menyempurnakan metode-metode sebelumnya sehingga mampu menjadikan sebuah terobosan untuk mempermudah dalam meningkatkan hasil belajar seorang anak dalam proses belajar mengajar. tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa saat diterapkannya metode Realistic And Child Friendly Learning Models pada pembelajaran tematik materi penyajian data diagram gambar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan angket untu pengambilan data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 39. Hasil penelitian, diperoleh nilai t hitung sebesar 2.631 > yang lebih besar dari t tabel 1,686 dan didukung dengan nilai sig sebesar 0,012 yang lebih kecil dari alpha 0,05. Maka dari itu, terdapat pengaruh signifikan pada Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) terhadap Hasil Belajar.
Copyrights © 2024