Model pembelajaran aktif (active learning) dengan media mind mapping dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran bervariasi. dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan keaktifan siswa karena siswa dituntut untuk memunculkan ide-ide untuk membuat peta pikiran sendiri. Mind mapping mampu mengasah kemampuan kerja otak siswa karena mind map sarat akan unsur kreativitas. Melalui penerapan model pembelajaran mind mapping, siswa dapat mencatat dengan lebih kreatif sehingga materi yang ditulisnya otomatis terekam dalam ingatan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active bantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdasarkan informasi statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel model pembelajaran active learning memengaruhi variabel dependen (Y) yakni Hasil Belajar. Pengaruh active learnig terhadap Hasil Belajar yaitu 0,435 atau 43,5% yang berarti bahwa variabel independen (X) yakni active learnig memengaruhi variabel dependen (Y) yakni Hasil Belajar sebesar 43,5%. Sisanya sebesar 56,5% dijelaskan oleh variabel lain
Copyrights © 2024