Tiga kategori digunakan untuk mengkategorikan hasil belajar: kognitif, emosional, dan psikomotor. Tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan daya ingat, pengetahuan, dan kemampuan intelektual termasuk dalam komponen kognitif. Strategi pembelajaran yang menekankan pada penggunaan penalaran siswa untuk sampai pada solusi, seperti model inkuiri diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Tujuan penelitian ini untuk memperjelas bagaimana model inkuiri di kelas IV SDN 01 Demangan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Tes, observasi, dan dokumentasi adalah beberapa metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat Langkah yaitu perencanaan, kegiatan, observasi, dan refleksi digunakan untuk melakukan penelitian ini. Metode analisis data kualitatif dan kuantitatif diterapkan. Skor dan nilai merupakan contoh data kuantitatif, sedangkan pengumpulan reduksi, penyajian, dan verifikasi data merupakan contoh data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus II hasil belajar kognitif siswa meningkat secara signifikan. Hasilnya, pendekatan inkuiri berhasil diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif.
Copyrights © 2024