Rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa berdampak pada kemampuan memahami teks bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan pada pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan nonequivalent control group design merupakan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa dari kelas 3A dan 3B. Dalam penelitian ini menggunakan salah satunya berupa instrumen tes pilihan ganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobablility sampling dengan purposive sampling. Hasil pada kemampuan membaca pemahaman siswa dengan pendekatan whole language lebih tinggi yaitu 60% dibandingkan dengan kemampuan membaca pemahaman dengan pembelajaran konvensional yaitu 29%. Data tersebut dapat dilihat dari nilai posttest kedua kelompok, berdasarkan hasil hitung uji t diperoleh t hitung (7,525) > t tabel (2,006) artinya pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2022