DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 8, No 1 (2024): April 2024

Efektivitas multimedia interaktif “Mentik” bagi calon guru sekolah dasar

Dwi Anggraini (Universitas Bengkulu)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Bengkulu)
Ike Kurniawati (Universitas Bengkulu)
Muhammad Cokro Sabani (Unviersitas Bengkulu)
Belia Nur Zahara (Univeritas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif “Mentik” berbasis Android untuk calon guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi PGSD Universitas Bengkulu. Desain pengembangan yang digunakan adalah analysis, design, development, implementation and evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data berupa penilaian validasi ahli media dan ahli materi, kepraktisan (angket respon pengguna), keefektifan penggunaan soal tes. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk analisis desain produk, validasi ahli untuk kelayakan media dan kepraktisan serta keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif “Mentik” yang dilakukan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Effectiveness of interactive multimedia “Mentik” for prospective elementary school teachers Abstract: This research aims to determine the effectiveness of Android-based interactive multimedia "Mentik" for prospective elementary school teachers. The research method used is research and development. The research subjects were third semester students of the Bengkulu University PGSD Study Program. The development design used is analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). Data collection techniques are media and material expert validation assessments, practicality (user response questionnaires), effectiveness of using test questions. The data was then analyzed using descriptive analysis techniques for product design analysis, expert validation for media suitability and practicality, and effectiveness using the t-test. The research results show that the development of the interactive multimedia "Mentik" which was carried out was effective in improving student learning outcomes. Based on the test results, there are differences between the experimental class and the control class.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...