Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Integrasi Kearifan Lokal dalam Kurikulum Sains di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis

Izzah Muyassaroh (Universitas Pendidikan Indonesia)
Amiroh Amiroh (SDN 1 Patukgawemulyo)
Maryadi Maryadi (SDN Krubungan)
Nisaul Masruroh (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Integrasi kearifan lokal ke dalam kurikulum menjadi topik menarik mengingat Indonesia sebagai negara multikultural. Meskipun penelitian dan publikasi terkait sudah dilakukan pada berbagai subjek dan jenjang pendidikan, kajian komprehensif mengenai integrasi kearifan lokal dalam kurikulum sains di sekolah dasar belum pernah diteliti. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi secara komprehensif integrasi kearifan lokal dalam kurikulum sains di sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih adalah tinjauan literatur sistematis dengan menganalisis 74 artikel dari database Scopus dan Google Scholar yang terpublikasi periode 2014-2024. Integrasi kearifan lokal dalam kurikulum sains di sekolah dasar berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan melestarikan budaya lokal. Integrasi dapat dilakukan melalui kegiatan intra, ko, dan ekstrakurikuler. Dalam kegiatan intrakurikuler, kearifan lokal diintegrasikan ke dalam bahan ajar, strategi, media, dan asesmen. Kegiatan ko-kurikuler mencakup program P5, pendidikan lingkungan, field trip, dan wisata edukasi. Kegiatan ekstrakurikuler melalui ekstrakurikuler wayang. Integrasi ini meningkatkan literasi sains, ekoliterasi, keterampilan proses sains, pengetahuan kebencanaan, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...