Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengembangan Media Pembelajaran PETA Puzzle sebagai Media Alternatif Pembelajaran IPS Materi Kondisi Geografis di Sekolah Dasar

Durrotun Nafisah (Universitas Negeri Surabaya)
Putri Rachmadyanti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran di era sekarang guru harus dapat melakukan pembelajaran yang aktif dan bervariasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan  media pembelajaran puzzle untuk  materi kondisi geografis  pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Media PETA Puzzle merupakan media fisik yang dapat membantu anak dalam memvisualisasikan pemikirannya secara terstruktur.  Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan metode research and development (R&D) dengan jenis desain penelitian ADDIE yang dilakukan beberapa tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian sebanyak 18 siswa kelas V di SDN Lidah Kulon 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pengembangan media yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap, yaitu: identifikasi ( pengguna dan materi), perencanaan, pembuatan produk awal, uji tim ahli dengan perbaikan produk awal, dan uji coba pada siswa. siswa mampu membangun pengetahuan sendiri yang terstuktur dan tergornisir dari implementasi pembelajaran menggunakan media PETA Puzzle.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...