Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Implementasi Sistem Gamifikasi Berbasis Educaplay sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD

Fitri Ayu Febrianti (Institut Pendidikan Indonesia Garut)
Nabella Alani (Institut Pendidikan Indonesia Garut)
Haidar Akmal Al-Fikri (Institut Pendidikan Indonesia Garut)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam memahami materi yang kompleks dan abstrak, belum optimalnya pendayagunaan ICT, hingga rendahnya ruang untuk mengembangkan kompetensi abad 21. Hal ini bermuara pada rendahnya kualitas belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan sistem gamifikasi berbasis Educaplay, dan untuk mengetahui implementasi sistem gamifikasi berbasis Educaplay sebagai strategi peningkatan kualitas belajar mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini berjumah 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem gamifikasi berbasis Educaplay dapat meningkatkan antusiasme belajar (90%), konsentrasi belajar (95%), kerja sama (85%), dan keaktifan (90%). Secara keseluruhan, sistem gamifikasi berbasis Educaplay memiliki dampak positif terhadap kualitas belajar mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...