Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Dasar

Erina Chynthia (Universitas Perjuangan)
Riza Fatimah Zahrah (Universitas Perjuangan)
Winarti Dwi Febriani (Universitas Perjuangan)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir aljabar pada siswa kelas IV sekolah dasar. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika, guru sebagai pemegang peran dalam mencitakan lingkungan belajar yang mendukung kemampuan berpikir siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kemampuan berpikir aljabar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sukamanah yang berjumlah 88 siswa, dengan sampel sebanyak 23 untuk kelas eksperimen dan 22 untuk kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil anaisis data menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,015 < 0,05 dengan ata lain Ha diterima. Normalitas data sebesar1 0,20 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu, 0,684 > 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,43 dan kelas kontrol yaitu 73,23 (74,43 > 73,23) maka Terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...