Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran PBL di SMP Qur'ani

Mohamad Sobrun Jamil (Unknown)
Eka Fitriyani (Unknown)
Dian Ifatul Mazaya (Unknown)
Samsul Musyafa (Unknown)
Umi Latifah (Unknown)
Siti Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMP QUR’ANI Petanahan Tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi. Dari data yang diperoleh pada pra siklus presentase motivasi belajar siswa sebesar 28,3 %, pada siklus I meningkat menjadi 60 % , dan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 90,3 % di siklus II. Dengan kata lain, implementasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...