ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 2 (2024): September

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI MACAM MEDIA PEMBELAJARAN

Hanifa Hafiza (IAINU Tuban)
Widia Riska Fitriani (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)
Titik Mariyani (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media pembelajaran anak usia dini. Media pembelajaran merupakan aspek penting yang menunjang proses belajar bagi anak usia dini agar dapat mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan untuk persiapan pendidikan pada jenjang selanjutnya. Sangat banyak media pembelajaran yang sudah diterapkan dan dikembangkan pada pendidikan anak usia dini, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  dengan tipe studi kepustakaan. Proses pengumpulan data dalam jenis penelitian ini merupakan: editing, organizing dan finding. Teknik analisis data penelitian ini merupakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa begitu banyak media pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik sesuai dengan aspek-aspek tertentu seperti aspek pengembangan aspek perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini. Melalui media pembelajaran anak dapat mengembangkan pemikiran dan juga imajinasinya dalam bermain sambil belajar. Mengembangkan kognitif anak terdapat macam-macam jenis media pembelajaran diantaranya yaitu; Print media (media cetak), Audio media (media suara), Visual media (media visual), Audio-visual media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abata

Publisher

Subject

Education Other

Description

ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a journal dedicated to the publication of quality research results in the field of early childhood education and child development. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini has a scope including the development of aspects of child development, ...