Pelayanan Kesehatan merupakan salah satu jenis kegiatan pelayanan yang didasarkan pada prinsip memberikan yang terbaik. Klinik menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan selain dari Rumah Sakit. Kesadaran masyarakat dalam memilih Pelayanan Kesehatan yang baik memacu untuk terus meningkatkan customer relationship marketing dapat dilihat dari semakin pesatnya pertumbuhan Rumah Sakit di Indonesia. Klinik Mitra Bunda merupakan salah satu Klinik yang bergerak dibidang Kesehatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari customer relationship marketing terhadap kualitas pelayanan dan loyalitas pasien pada Klinik Mitra Bunda Kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah dan primer dan sekunder dan metode analisis data menggunakan SPPS 25. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Klinik Mitra Bunda. Hasil penelitian ini menunjukkann bahwa customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kualitas pelayanan dengan t hitung 2,810 > t-tabel 2,03452 serta nilai sig 0,000 <0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pasien dengan t hitung 0,035 < t-tabel 2,03452 serta niai sig 0,000 < 0,05. Customer relationship marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan terhadap loyalitas pasien dengan nilai F hitung 6,984 > f-tabel 3,12 , nilai sig 0,000 < 0,005 serta niai koefisien determinasi sebesar 0,035 atau 35% sedangkan sisanya 65% dipengaruhi variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024