JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Health Education Deteksi Dini Stroke dan Meditasi Islami terhadap Perilaku Pencegahan Stroke Pada Penderita Hipertensi di Dusun Gabus Desa Tambakploso Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

Hati, Devie Mutiara (Unknown)
Faridah, Virgianti Nur (Unknown)
Lestari, Trijati Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2024

Abstract

Stroke merupakan penyebab kecacatan utama penyakit tidak menular, Pencegahannya dapat dilakukan melalui deteksi dini pada faktor resiko tertinggi yaitu hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh health education  deteksi dini stroke dan meditasi islami terhadap perilaku pencegahan stroke pada penderita hipertensi. Desain penelitian menggunakan pre-eksperimental one group pre-post test dan sampel sebanyak 36 responden menggunakan teknik total sampling.Instrumen health education deteksi dini stroke dan meditasi islami menggunakan SAP dan pengukuran perilaku pencegahan stroke menggunakan kuisoner. Hasil penelitian perilaku pencegahan stroke penderita hipertensi sebelum diberikan health education deteksi dini stroke dan meditasi islami didapatkan 63,9 % perilaku pencegahan stroke dalam kategori kurang dan perilaku pencegahan stroke setelah diberikan health education deteksi dini stroke dan meditasi islami didapatkan 83,3% perilaku pencegahan stroke penderita hipertensi dalam kategori baik. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil ( P = 0,000 kurang sama dengan a 0,05) artinya terdapat pengaruh health education deteksi dini stroke dan meditasi islami terhadap perilaku pencegahan stroke pada penderita hipertensi. Domain utama dalam peningkatan perilaku pencegahan yaitu pengetahuan yang cukup mengenai penyakit yang diderita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...