JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Small Group Discussion Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gotong Royong Pada Peserta Didik SD

Nugraheni, Salsabila Rissa (Unknown)
Astuti, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Small group discussion juga memungkinkan siswa untuk mengalami langsung penerapan konsep gotong royong melalui kegiatan kolaboratif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi small group discussion terhadap peningkatan pemahaman konsep gotong royong pada peserta didik SD dan untuk mengetahui persepsi peserta didik SD terhadap penggunaan small group discussion dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya terkait konsep gotong royong. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah Penggunaan teknologi juga dapat menjadi solusi dalam mendukung proses diskusi, asalkan disertai dengan pelatihan dan akses yang memadai. Dengan solusi yang tepat dan dukungan yang baik, small group discussion dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna dalam menginternalisasi nilai-nilai gotong royong dan Pancasila pada siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...