JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Integrasi Nilai Moral dan Pembangunan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan KewarganegaraanIntegrasi Nilai Moral dan Pembangunan Karakter dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan

Irshadi, Filzah (Unknown)
Tambunan, Yusna Elfrida Br (Unknown)
Pinem, Octa Vioni (Unknown)
Sembiring, Julianti (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai moral dan pembangunan karakter dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, studi ini menyelidiki peran pendidikan dan kurikulum dalam proses integrasi nilai moral serta aspek-aspek pembangunan karakter siswa dalam konteks PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKn memiliki misi penting sebagai pendidikan karakter yang bertujuan membekali siswa menjadi warga negara yang cerdas dan baik. Kurikulum PKn dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang mendukung pembentukan rasa kebanggaan terhadap negara dan cinta tanah air. Proses integrasi nilai moral dan pembangunan karakter melibatkan tahapan pengenalan pilihan, penilaian pilihan, penentuan pendirian, dan penciptaan nilai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan integrasi nilai moral dan pembangunan karakter dalam PKn bergantung pada pendekatan holistik yang melibatkan pemikiran reflektif, tindakan konstruktif, dan aktivitas bermakna bagi peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum PKn yang efektif dalam membentuk warga negara muda yang memiliki karakter kuat dan kemampuan untuk berkontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...