Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai moral dan pembangunan karakter dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, studi ini menyelidiki peran pendidikan dan kurikulum dalam proses integrasi nilai moral serta aspek-aspek pembangunan karakter siswa dalam konteks PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKn memiliki misi penting sebagai pendidikan karakter yang bertujuan membekali siswa menjadi warga negara yang cerdas dan baik. Kurikulum PKn dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang mendukung pembentukan rasa kebanggaan terhadap negara dan cinta tanah air. Proses integrasi nilai moral dan pembangunan karakter melibatkan tahapan pengenalan pilihan, penilaian pilihan, penentuan pendirian, dan penciptaan nilai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan integrasi nilai moral dan pembangunan karakter dalam PKn bergantung pada pendekatan holistik yang melibatkan pemikiran reflektif, tindakan konstruktif, dan aktivitas bermakna bagi peserta didik. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum PKn yang efektif dalam membentuk warga negara muda yang memiliki karakter kuat dan kemampuan untuk berkontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Copyrights © 2024