Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dan model pembelajaran yang masih bersifat tradisional Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Augmented Reality (AR) pada materi Struktur Bumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya adalah poor-experimental designs dengan one-group pretest-posttest. Subyek penelitian ini merupakan siswa salah satu SMP di Surabaya kelas VIII. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan media AR, sedangkan variabel terikat yang digunakan yaitu hasil belajar siswa. Keterelaksanaan pembelajaran ini diamati oleh dua pengamat, dengan menggunakan lembar pengamatan Stallings snapshot instrument yang diadaptasi dari World Bank Group. Penelitian yang dilakukan sebanyak tiga pertemuan ini didapatkan bahwa model pembelajaran ini dapat terlaksana. Hasil observasi menunjukkan pada instruction active pada ketiga pertemuan berjalan baik karena lebih dari 50, sedangkan keterlaksanaan belajar dengan baik karena intruction passive 20, 10, dan 5. Data dari student on task sebesar 68, 75, dan 65. Pada student of task sebesar 68, 75, dan 3, sedangkan student off task sebesar 5,5, dan 3, pada Classroom Management dan Teacher Of Task diperoleh 8, 8, dan 11. Hal ini menujukkan keterlaksaan pembelajaran kooperatif dengan tipe TAI berjalan dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024