Perkembangan teknologi dan internet di Indonesia secara bersamaan mempengaruhi meningkatnya pengguna social media. Hal itu, mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga perlu beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dalam pemasaran, berkomitmen dengan pelanggan dan membangun brand image lebih efektif. Penggunaan Tiktok tidak hanya menjadi tren di kalangan muda, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang potensial. Tiktok adalah cara efektif bagi UMKM untuk mencapai target audiens yang lebih luas melalui video pendek yang menarik dan kreatif. Target peserta program ini adalah kelompok usia muda dengan usia antara 18-40 tahun karena dianggap memiliki potensi yang tinggi bagi UMKM. Selain itu program ini juga mendorong pengembangan jiwa wirausaha sejak dini yang diyakini akan memiliki pengaruh baik untuk masa depan mereka. Program PKM di Desa Mendalo ini juga sejalan dengan upaya pemerintah Provinsi Jambi untuk mendigitalisasi UMKM. Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat membuka wawasan Masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam menambah ilmu pengetahuan tentang membuat konten kreatif dan efektif menggunakan aplikasi Tiktok.
Copyrights © 2024