Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia (JPKM-MC)
Vol. 3 No. 1 (2024)

Pelatihan Pendidikan Inklusi Bagi Guru PAI Di MI Al-Islam Giwangan Yogyakarta

Lely Nur Hidayah Syafitri (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Supriati Hardi Rahayu (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Fikie Aliya Tahta Aunillah (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Muslimah (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Banyak guru PAI mungkin tidak memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus. Kurangnya pengetahuan ini dapat menghambat kemampuan mereka dalam merencanakan dan mengimplementasikan pendekatan inklusif dalam pengajaran PAI. Tujuan dalam kegiatan pelatihan Pendidikan inklusi ini adalah untuk membantu Guru PAI dalam mengatasi kesulitan dalam menciptakan lingkungan kelas yang mendukung dan ramah bagi semua siswa dengan melakukan pelatihan yang diperlukan untuk mendukung siswa dengan kemampuan yang beragam. Metode yang digunakan yaitu dengan melakukan pelatihan dan workshop bagi guru PAI. Hasil dari pelatihan menunjukan adanya peningkatan kemampuan Guru PAI dalam memetakan siswa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing, sehingga guru PAI bisa mudah menentukan metode dan melakukan evaluasi dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan kebutuhan maasing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia (JPKM-MC) adalah Jurnal Pengabdian Masyarakat untuk scope Multidisiplin Ilmu, dengan scope keilmuan seperti Kesehatan (Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran, Analis, Rekam Medis dll), Ilmu Komputer, Kemasyarakatan, Manajemen, Ekonomi, ...