Usaha kecil dan menengah UKM GOKS merupakan bisnis usaha yang bergerak pada bidang makanan. Dalam usaha goks memiliki kelebihan (weakness),Kekurangan (weaknesess),Peluang (Opportunity),dan ancaman (Thereats) serta marketing Mix yang digunakan dalam menjalankan usaha bisnis.Salah satu permasalahan yang ada di UKM GOKS adalah keterbatasan bahan baku yang dimiliki yang terkadang menjadi penghalang dalam melakukan pembelian dari costumer. Upaya yang dilakukan GOKS dalam hal ini yaitu dengan cara mencari distributor cadangan yang membuat GOKS tidak terpaku dalam satu distributor saja dan juga GOKS selalu mengadakan visit dan pengarahan bagi karyawannya. Perkembangan yang cepat dan tantangan dari pesaing bisnis dapat menjadikan peluang sekaligus menjadi ancaman bagi seorang pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dan strategi yang diterapkan dalam UKM GOKS. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan identifikasi terlebih dahulu. Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki UKM GOKS. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan wawancara terhadap karyawan UKM GOKS.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk dilakukan oleh UKM GOKS adalah dengan memberikan varian harga yang relatif murah dan memiliki varian menu yang beragam sehingga akan menarik banyak pelanggan. Dan tentunya hal tersebut dapat meningkatkan omset GOKS.
Copyrights © 2024